Puseh Generation

Hari Ulang Tahun Puseh Generation dan Puseh Menyama




Hai semua kembali lagi bersama saya dalam cerita anak galiukir, kali ini saya akan menceritakan kesan - kesan dalam acara hari ulang tahun puseh generation dan puseh menyama, seperti apa ceritanya mari kita simak bersama - sama.

Baiklah kawan kita awali dengan melihat di sebelum - sebelumnya. Puseh merupakan nama banjar di desa pakraman galiukir dan merupakan banjar kami yang terletak di pura Puseh Galiukir, nama desa kami adalah Desa Kebon Padangan namun kenapa banyak yang bilang kalau galiukir itu Desa Galiukir, nah kalau masalah seperti itu kita tidak akan bahas disini karena biar tidak salah paham soalnya saya kurang tahu tentang itu, mungkin kita tanyakan nanti kepada tetua kita biar lebih jelas atau mungkin kalau kalian tahu kalian bisa tulis di kolom komentar.
Hmm,,, jika saya bahas disini mengenai terbentuknya puseh generation berarti cerita saya sebelumnya mubazir dong,biar menghemat waktu dan tulisan saya tidak akan menceritakannya disini. kalau kalian ingin menyimak cerita itu silahkan kunjungi link di samping => Cintai Tanah Kelahiran Galiukir

Okey sekarang kita menuju ke topik utama dari cerita ini,,, heheheehehe....
Hari ini tanggal 1 juli 2018 adalah hari yang paling berbahagia bagi kita semua keluarga besar dari banjar puseh desa pekraman galiukir, kegiatan ini sudah kami rencanakan sekitar 1 bulan lalu begitu banyak kendala yang kami alami namun berkat kerjasama dari teman - teman dan dukungan dari orang tua dan juga semua pihak yang membantu acara ini dapat berjalan dengan baik.
Acara ini kami mulai dari pagi hari,kira - kira dari jam 8 pagi itu kira - kira ya soalnya saya tidak melihat jam saat acara dimulai, sebelum acara dimuali pemangku....hem,,, bukan pemangku sih kalau pemangku itu berarti penopang, lebih tepatnya Mangku dari pura puseh sudah melakukan persembahyangan dan meminta restu di pura puseh terlebih dahulu agar kegiatan yang kita lakukan berjalan lancar atau rahayu kalau orang bali bilang.

Di pagi hari ini adalah acara lomba anak - anak, ibu - ibu dan juga bapak - bapak, yang pertama adalah lomba anak - anak yaitu lomba makan krupuk, lomba ini memang sangat lumrah sih kalau ada perlombaan lomba ini bakalan diadakan,itu sudah pasti,yang dilanjutkan dengan lomba mewarnai, nah saat lomba mewarnai lomba - lomba yang lainnyapun berlangsung, seperti lomba memukul balon air, lomba mengambil koin di buah jeruk dan banyak lagi. Yang tidak kalah seru disini adalah lomba ibu - ibu menagkap bebek alias ngejuk bebek  kalau kalian menonton lomba ini jangan tahan tawa keluarkan tawa kalian sekeras mungkin "hahahahaha......." seperti itu, tidak kedengaran ya? bagaimana mau kedengaran ini cuma tulisan.




Nah bagaimana dengan bapak - bapaknya, ceritain atau tidak ya? hemm oke deh biar kalian tidak penasaran saya yang ganteng ini bakalan ceritain kepada kalian, untuk para bapak - bapak yaitu lomba,,, lomba,,,, heeemm,, lomba?, lomba arko atau angkong dimana tiap pesertanya terdiri dari dua orang, satu orang penumpang dan satu orang yang mendorong arkonya, bukan sekedar mendorong dalam perlombaan ini saat mendorong arko jika terdengar suara musik maka pesertanya harus bergoyang dan tidak boleh mendorong arkonya sampai musik berhenti, lomba ini sangat banyak menyita perhatian para penonton saking lucunya perlombaan ini ada yang tertawa sambil nangis,"tertawa sambil nangis? apaan?,,, tertawa sampai menangis kalik,hahahaha". Banyak perlombaan yang diadakan namun tidak bisa saya ceritakan satu persatu, demi menghemat waktu dan tulisan karena orang indonesia kebanyakan tidak suka membaca mereke cenderung lebih senang dengan gambar - gambar dan video berbeda dengan orang - orang luar yang keseharian mereka adalah membaca, jadi yaahhh kita lanjutkan saja ceritanya.





Hari pun sudah mulai siang dan semua perlombaan juga sudah selesai dan berjalan lancar, semua penonton dan peserta lomba juga meninggalkan tempat tetapi kami pihak panitia tetap berada di tempat guna mempersiapkan acara puncak yaitu hari ulang tahun puseh generation dan puseh menyama yang kita mulai di malam hari,baiklah singkat cerita saja. Acara puncakpun akhirnya dimulai oleh sambutan dari MC,susunan acarapun dibacakan, seperti biasa acara diawali dengan tari sambutan oleh anak - anak dan juga ada geguritan dari perwakilan orang tua kita saya sangat senang dengan pembawaan geguritan ini terutama saat ngartosnya (penerjemahan dari nyanyian), feelnya dapat banget wow suaranya greget, ingin rasanya saya belajar seperti itu namun ya potensi saya bukan dibidang itu maklumlah,tapi kalau ada yang menggurui saya untuk belajar dibidang itu saya siap,hehehehehe......








Kemudian dilanjutkan dengan acara sambutan - sambutan,saking banyaknya yang memberikan sambutan mungkin tidak saya bahas panjang lebar disini yang paling berkesan bagi saya adalah sambutan dari babinsa, beliau sangat mengapresiasi kegiatan yang kami laksanakan ini sampai - sampai beliau ingin bahwa kami harus tampil juga dalam acara ulang tahun desa kebon padangan yang katanya, bukan katanya sih tapi memang dilaksanakan tanggal 10 juli 2018 ini.


 


Yapppp... setelah acara sambutan - sambutan yaitu acara yang kita nanti - nanti adalah,,,, adalah,,, adalah,,, Pembukaan Hari Ulang Tahun Puseh Generation dan Puseh Menyama yang pertama oleh ketua panitia dan ketua dari puseh generation serta didampingi oleh klian banjar puseh ditandai dengan pemotongan tumpeng dan kue jeng jeng jeng sreeet sudah dipotong hahahaha.



Demikianlah acaranya, selanjutnya yaitu acara santap malam yang diiringi dengan acara hiburan - hiburan, ada dance anak - anak, penampilan musik,senam ibu - ibu pkk dan ada yang lain lagi, namun yang tidak kalah seru dengan acara di pagi hari adalah penampilan janger dari bapak dan ibu - ibu pkk juga, saya senang dengan penampilan janger ini beliau - beliau sangat semangat dalam menampilkannya bagaimana tidak mereka mempersiapkan penampilannya jauh - jauh hari samapi - sampai membuang waktu untuk ke kebun, yahh begitulah saya sangat salut kepada mereka, apluss banyak buat orang tuaku sekalian.





Di hari yang spesial ini juga ada salah satu teman kami yang berulang tahun, beruntung banget ya ulang tahunnya barengan jadi enggak perlu repot - repot nyiapin acara soalnya hiburan sudah ada, makanan sudah ada, kue sudah ada, undangan enggak perlu penontonnya udah banyak, semua sudah ada, pacar???? gak tahu tanya sama orangnya dah hahahaha, Happy Birthday yahh...







Alright my friends mungkin tidak banyak lagi yang bisa saya ceritakan, terkait kebanyakan dari kalian juga sudah menonton secara langsung acara ini.
Yahhh acara ini bertujuan untuk menggali kreatifitas dan mewadahi kreatifitas agar dapat bermanfaat dan juga tidak terpendam tentunya dari anak - anak muda,dewasa serta lanjut usia yang masih bisa berkreatifitas, jangan takut untuk berkreatifitas.
Dan untuk Puseh Generation Selamat Ulang Tahun yang Pertama semoga kedepanya semakin kompak,selalu mempunyai ide - ide kreatif yang baru dan juga menjadi contoh yang baik bagi adik - adik, teman - teman, serta kakak - kakak kalian, dan juga tidak lupa saya ucapkan kepada kawanku sekalian karena tanpa kalian acara ini tidak akan terlaksana.

Okeeey sekian terima kasih telah berkunjung dan membaca jangan lupa untuk tinggalkan komentar dan share jika kalian suka dan cuekin aja jika kalian tidak suka.
Klungkung Semarapura, Kirang Langkung Tityang nunas Ampura, tityang puputang antuk paramasantih,
Om santih,santih,santih Om.

Salam Menyama Puseh Generation


Komentar

Postingan populer dari blog ini

GALIUKIR | CERITA ANAK DESA | DESAKU MASA DEPANKU

Galiukir | cerita anak desa | Indahnya Alamku